Sunday, February 28, 2016

PERBAIKAN RADIOMETRIK (Radiometric Enhancement) (BAB 3)

Pengertian
Perbaikan radiometrik adalah teknik perbaikan atau penajaman kontras citra dengan memperbaiki nilai dari individu-individu piksel pada citra, ini berbeda dengan perbaikan spasial (spatial enhancement) yang memperbaiki nilai suatu piksel berdasarkan piksel-piksel yang ada di sekitarnya.
Perbaikan citra pada suatu band adalah sangat unik dan biasanya tidak cocok dengan band lainnya, karena sangat tergantung pada nilai statistik dari piksel-piksel yang terdapat pada setiap band. Perbaikan radiometrik suatu citra komposit (multiband) biasanya dianggap sebagai serangkaian perbaikan band-band tunggal, sebanyak band yang akan diperbaiki.



Koreksi radiometrik ini tidak otomatis memperbaiki kontras semua piksel, ada kalanya sebagian piksel bertambah besar kontrasnya, tetapi di bagian lain ada yang hilang.


Perbaikan Kontras

Sudah merupakan prosedur umum pada pengolahan citra bahwa untuk kegiatan interpretasi, citra yang akan dicetak atau yang langsung diinterpretasi pada layar monitor perlu dilakukan penajaman kontras.  Sebagai contoh Look Up Table (LUT) citra dari nilai 30~40 dirubah menjadi 0 ~ 255 (lihat Gambar 3.2).






Macam-macam perbaikan kontras
Perbaikan kontras secara linear (A linear contrast stretch)
Metode ini adalah metode perbaikan yang paling sederhana untuk memperbaiki penampakan spektral dari suatu citra. Ini dilakukan dengan memperlebar kisaran dari nilai yang sempit menjadi nilai kisaran 0 sampai 255 (lihat Gambar 3.3).  
Perbaikan kontras non-linear (Nonlinear Contrast Stretch)
Perbaikan non-linear adalah perbaikan yang meningkatkan atau menurunkan kontras secara gradual dalam suatu kisaran nilai tertentu. Pada perbaikan kontras secara linear, peningkatan kontras terjadi secara konstan untuk semua kisaran.  Pada perbaikan non-linier ini umumnya terjadi peningkatan kontras dilakukan pada kisaran nilai tertentu sementara kontras pada kisaran yang lain mengalami penurunan.
Perbaikan kontras dengan piswais (Piecewise Linear Contrast Stretch)
Pada metode ini, perbaikan kontras dilakukan pada bagian-bagian kisaran kecerahan tertentu dengan peningkatan atau penurunan kontras yang tertentu pula.  Pada metode ini, penajaman dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu rendah, sedang dan tinggi.  Kontras dapat dibuat dengan berbagai macam tingkat kemiringan slope dan dapat disimulasikan menjadi suatu bentuk kurva.   Ini sangat berguna untuk meningkatkan kontras pada wilayah bayangan atau areal-areal yang mempunyai kontras rendah.  Pada perbaikan dengan piswais ini umumnya mengikuti aturan sebagai berikut:

  1. Nilai data dijitalnya kontinyu, sesungguhnya tidak ada patahan antara bagian yang mengalami kontras rendah, sedang maupun yang tinggi.
  2. Nilai data dari setiap range hanya mempunyai slope yang positif (mendaki), tetapi tidak diperkenankan dengan slope yang menurun (lihat Gambar 3.5). 







Penyamaan Histogram (Histogram equalization)
Penyamaan histogram adalah metode penajaman kontras yang tidak linier sehingga distribusi histogram dari pikselnya mendekati uniform, atau menghasilkan histogram yang mendekati datar.  Kontras hasil penajaman ini akan menjadi merata di seluruh areal.  Kontras meningkat pada puncak-puncak histogram dan menurun pada ujung-ujung histogram.



0 comments:

Post a Comment